Saturday, April 25, 2009

sembilan nilai plus MLMS(dari hpadansebenarnya blogspot).inilah yang saya temui dalam HPA


1. Nilai Silaturahmi.

Nilai silaturahm merupakan hal yang paling pokok dalam bisnis MLM Syariah. Kegiatan menjual produk, merekrut downline, dan mensponsor orang lain dalam bisnis ini hanya dapat dilakukan dengan silaturahim. Silaturahim ini dilakukan pada orang-orang yang sudah dekat, atau bahkan yang belum kita kenal. Misalnya, anggota keluarga, sahabat, tetangga, maupun kenalan-kenalan baru.


2. Nilai Pengembangan Usaha.

Keberanian usaha dapat dikatakan tidak dimiliki oleh setiap orang. Kadangkala ada beragam faktor yang membuat seseorang tidak memiliki minat menjadi seorang usahawan. Padahal, dibanding menjadi usahawan, resiko menjadi pegawai lebih besar. Dari mulai ancaman vss, gaji yang kecil, sampai waktu yang terikat oleh kerja. Dalam bisnes ini diajarkan bagaimana menjadi seorang usahawan, dengan mendapat pelajaran usaha langsung dari kehidupan nyata, bukan dari teori-teori yang susah difahami.


3. Nilai mengurangkan Pengangguran.

Di negara kita saat ini begitu banyak orang yang masuk kategori pengangguran. Jumlahnya cukup ramai. Dengan adanya MLM Syariah yang dapat diakses oleh setiap orang, sangat memungkinkan untuk dapat mengatasi masalah pengangguran secara lebih signifikan. Ciri keanggotaan bisnes ini yang tanpa batas, sangat memungkinkan untuk menyerap ribuan tenaga kerja yang belum terserap oleh bisnes konvensional yang ada di negara kita.


4. Nilai Produk tempatan.

Dengan makin banyaknya bisnes ini, maka secara tidak langsung akan menjadi piranti penguat ekonomi, menyuburkan penggunaan produk tempatan (demi mengurangi produk import), dan memberikan kesempatan kepada usaha kecil mikro untuk memperkenalkan barangan halal.


5. Nilai Kehalalan Usaha dan Produk.

Pastilah barang atau jasa yang diperdagangkan oleh MLM Syariah bukanlah barang yang haram, tetapi barang-barang yangsudah jelas kehalalannya. Baik dari zat, proses, dan cara memperolehnya. Selain itu produk tersebut tidak menimbulkan mudharrat, bukan produk riba, dan bukan produk was-was. Selain itu pengelolaan usahanya pun disesuaikan dengan syariah.


6. Nilai Jaringan Ekonomi Islam Dunia.

Keberadaan sistem bisnis MLM Syariah sangat memungkinkan untuk membentuk sebuah jaringan bisnes internasional. Baik itu jaringan dalam produksi, distribusi, maupun konsumernya, sehingga dapat mendorong kemandirian dan kemajuan ekonomi umat. Semakin luas jangkauan jaringan, maka semakin luas pula umat yang akan memperoleh kesempatan untuk ikut serta dalam bisnes ini, dan mendapat keuntungan. Bisnes MLM Syariah adalah bisnis yang sangat memungkinkan untuk ke internasional.


7. Nilai Ketahanan Akidah.

Dunia Islam adalah sebuah kelompok masyarakat yang sedang dikepung oleh serbuan budaya dan ideologi yang tidak islamik. Serbuan ini begitu dahsyatnya sehingga telah mengkoyak sebagian dari sendi-sendi akidah umat. Kita saksikan, betapa banyak orang yang mengaku Islam tapi jauh dari nilai-nilai Islam. Nah, bisnes MLM Syariah adalah bisnes yang dapat dijadikan alternatif untuk meragut kembali ukhuwah islamiyah diantara umat. Keunggulannya dalam silaturahim akan menjadikan bisnes ini menjadi benteng pertahanan akidah yang kukuh.


8. Nilai Strategi Perdagangan.

Menghadapi era liberalisasi ekonomi dan perdagangan bebas tentunya umat muslim harus menyiapkan segala sesuatunya. Kita harus mempunyai aneka strategi jitu untuk bersaing dan menang dalam percaturan ekonomi dunia saat ini. Kalau tidak, maka kita hanya akan menjadi konsumer yang tidak berdaya. Bisnes MLM Syariah adalah satu diantara beragam strategi lain, yang akan mampu memaksimakan potensi umat dalam mengembangkan ekonomi sehingga boleh bersaing dalam percaturan ekonomi dunia.


9. Nilai Zakat, Infak, dan Sedekah.

Zakat, infak, dan sedekah adalah tiga kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari aktiviti ekonomi Islam. Ada transaksi, berarti ada penghasilan, ada penghasilan bererti ada zakat, infak, atau sedekah sesuai aturannya masing-masing.

Sumber: Majalah Network Business Ditulis dalam Info Ekonomi Syariah, Netpreneur Muslim.

No comments:

Post a Comment

http://gen6kpu.blogspot.com